Inisiatif Green Hospital RS PHC Surabaya Raih Penghargaan First Winner Kategori Green Hospital PERSI Awards 2024

Inisiatif Green Hospital RS PHC Surabaya Raih Penghargaan First Winner Kategori Green Hospital PERSI Awards 2024

Jakarta (19/10) - RS PHC Surabaya berhasil meraih 1st Winner kategori Green Hospital pada PERSI Award 2024 yang penganugerahannya diselenggarakan oleh Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) di Jakarta, Sabtu (19/10). Plt. Hospital Director RS PHC Surabaya, dr. Rony Kurniawan, M.Kes mengungkapkan bahwa penghargaan tersebut mengapresiasi komitmen dan implementasi Green Hospital yang diterapkan di RS PHC Surabaya.


"Kami di RS PHC Surabaya percaya, implementasi green hospital akan mendukung praktik bisnis yang berkelanjutan sekaligus menciptakan dampak positif dan manfaat jangka panjang baik untuk sesama manusia dan Bumi" ujar dr. Rony.


Inisiatif tersebut dilakukan RS PHC Surabaya berkolaborasi dengan individu, komunitas dan mitra hijau guna menjawab permasalahan dan isu-isu global seperti peningkatan emisi Gas Rumah Kaca (GRK), transisi energi baru terbarukan, potensi bencana hingga penyerapan karbon.


Beberapa isu signifikan tersebut kemudian menjadi dasar atas lahirnya program-program yang berorientasi pada green hospital seperti pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) on Grid, pembangunan long storage di area rumah sakit hingga program menghijaukan pesisir Kota Surabaya dengan penanaman 10.000 pohon mangrove. 


Selama 1 tahun terakhir, kontribusi PLTS On Grid berkapasitas 148 kWp di RS PHC Surabaya telah memproduksi 188.424 kWH listrik hijau atau setara menyumbang 4-5% kebutuhan energi listrik rumah sakit. Hal ini juga ekuivalen dengan membantu potensi penurunan emisi CO2 sebesar 73,8 Ton CO2e/MWH per tahun.


Sementara itu, adanya long storage di area rumah sakit berfungsi sebagai media menyimpan air, mencegah banjir hingga meningkatkan cadangan air irigasi. "Kapasitasnya bisa menampung 1 juta liter air" ungkap dr. Rony.


Kemudian, RS PHC Surabaya juga berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk membantu mewujudkan mimpi menghijaukan pesisir Kota Surabaya dengan penanaman 10.000 pohon mangrove selama 5 tahun kedepan sebagai misi penguatan green belt atau sabuk hijau. Dimana green belt ini berfungsi melindungi pantai dari erosi/abrasi, intrusi air laut dan gelombang badai.


"Tahun 2024 ini kami telah merealisasikan penanaman sebanyak 1.000 pohon mangrove dan akan terus meningkat setiap tahunnya. Dimana dari setiap penanaman 1.000 pohon mangrove, berdasarkan penelitian yang ada dapat membantu menyerap Emisi CO2 sebesar 3,34 hingga 4,70 Ton CO2e per tahun" tutur dr. Rony.


Penghargaan First Winner Kategori Green Hospital dalam PERSI Award 2024 yang diterima dan diwakili Manager Public Relation RS PHC Surabaya Irvan Prayogo ini juga bertepatan dengan acara puncak Kongres PERSI XVI, Seminar Tahunan ERSI XX, Seminar Tahunan Patient Safety XVIII dan Hospital Expo XXXVI yang digelar di Jakarta Convention Center pada 16-19 Oktober 2024. 


dr. Bambang Wibowo, Sp.OG., Subsp.K.Fm., MARS., FISQua selaku Ketua Umum PERSI mengatakan, "Ada 463 entry proposal inovasi yang masuk yang mencuri perhatian. Selamat kepada pemenang dan semoga dapat menginspirasi banyak pihak," katanya.